Cek Penerima BSU Tahap 7 2022 di Aplikasi PosPay

Pada akhir akhir ini aplikasi PosPay belakangan banyak didengar oleh kalangan pekerja ditengah pencairan BSU tahap 7.

Pasalnya lewat aplikasi PosPay, pekerja bisa cek penerima BSU tahap 7 secara online juga sekaligus mendapatkan QR code sebagai salah satu syarat mencairkan BLT Subsidi Gaji Rp600.000 di Kantor Pos.

Lalu apa yang di maksud dengan aplikasi PosPay? Berikut ini akan dijelaskan fungsi dan cara menggunakan aplikasi PosPay untuk cek penerima BSU tahap 7.

Dilansir dari laman BUMN, aplikasi PosPay adalah sebuah platform atau channel digital berbasis rekening Giro Pos.
Maksud dari pembuatan platform tersebut agar memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan transaksi keuangan maupun layanan Pos Indonesia lainnya secara mandiri melalui Smartphone dengan sistem operasi Android dan IOS.

PosPay mempunyai fungsi sebagai delivery channel digital untuk Pemilik Rekening Giro Pos dalam mengakses layanan Giro Pos termasuk layanan transaksi keuangan Pos Indonesia lainnya.
Aplikasi tersebut selain sebagai giro pos juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran berbagai tagihan mulai dari telepon rumah, listrik pascabayar dan telepon seluler pascabayar).

Serta pembayaran PDAM, cicilan motor, mobil, BPJS), pembelian pulsa, listrik prabayar/token, bahkan pembayaran zakat, infaq hingga qurban.

Info terbaru, aplikasi PosPay juga dapat digunakan untuk mengcek nama penerima BSU tahap 7.
Apabila nama yang dicek terdaftar dalam program sebagai penerima BSU tahap 7, maka aplikasi tersebut akan menampilkan kode QR.

Kode QR tersebut merupakan sebagai salah satu syarat yang harus ditunjukkan penerima ketika hendak mencairkan dana BSU tahap 7 atau BLT subsidi gaji dengan upah di bawah Rp.5 juta dan penerima BSU akan mendapatkan sebesar Rp600.000 di Kantor Pos.
Untuk dapat menggunakan berbagai layanan PosPay, masyarakat perlu mengunduh aplikasi tersebut via Play Store.

See also  Aplikasi Tingkatkan Motivasi Diri

Setelah mengunduh aplikasi PosPay, kemudian registrasi akun dengan membuat username, password, serta masukkan kode OTP yang dikirim via SMS, dan PIN transaksi.
Setelah akun berhasil dibuat, pengguna langsung bisa menggunakan berbagai layanan PosPay termasuk cek penerima BSU tahap 7.

Lantas bagaimana cara menggunakan aplikasi PosPay untuk cek penerima BSU tahap 7 ?

1. Buka aplikasi PosPay, masuk ke akun yang telah dibuat dengan klik tombol (i) berwarna merah          dipojok kanan bawah kemudian klik logo Kemnaker.
2. Pilih opsi ‘BSU Kemnaker 1’ pada kolom “Jenis bantuan”.
3. Unggah foto e-KTP dengan klik ‘Ambil Foto Sekarang’ kemudian klik kamera.
4. Pastikan foto yang diunggah jelas dan tidak buram, baik dari segi foto wajah maupun keterangan data diri.
5. Isi data diri penerima sesuai KTP mulai dari nama, nomor NIK, alamat, nomor telepon. Jika sudah lengkap, klik “Lanjutkan”
6. Jika NIK dan data lain yang diinput sudah sesuai dengan data penerima BSU, maka muncul kode QR di aplikasi PosPay.
7. Namun apabila data dan NIK tidak terdaftar sebagai penerima, maka muncul keterangan “NIK tidak terdaftar sebagai penerima BSU.

Apabila pekerja terdaftar sebagai penerima BSU tahap 7, maka bisa segera mencairkan BLT subsidi gaji Rp600.000 dengan mendatangi Kantor Pos terdekat.
Saat hendak mencairkan bantuan, pekerja harus menunjukkan kode QR yang telah diunduh di aplikasi PosPay dan juga KTP.

Demikian penjelasan tentang apa yang di maksud aplikasi PosPay lengkap dengan fungsi dan cara menggunakan untuk cek penerima BSU tahap 7. Semoga bermanfaat bagi masyarakat.